Tuesday, July 5, 2011

hakimtea™

hakimtea™


Google PLUS, Jejaring Sosial Google yang Siap Melindas Facebook

Posted: 05 Jul 2011 01:54 AM PDT

Kemarin (4 Juli 2011) bertepatan dengan hari kemerdekaan negeri Paman Sam Amerika Serikat Google merilis layanan barunya yang masih khusus untuk sebagian orang yang mendapatkan undangan (invitation), layanan baru itu berupa fitur jejaring sosial (social network) bernama Google + (googleplus).

Animo publik yang sangat antusias dan spektakuler membuat Google kewalahan sehingga menutup sementara invitation, demikian jika Anda mencoba membuka halaman plus.google.com

Google+ is in limited Field Trial
Right now, we’re testing with a small number of people, but it won’t be long before the Google+ project is ready for everyone. Leave us your email address and we’ll make sure you’re the first to know when we’re ready to invite more people.

Google+ pertama kali diperkenalkan pada Selasa 28 Juni 2011. Tidak lama hanya berkisar hari, google menutup sementara layanan invitation untuk layanan GooglePlus karena begitu besarnya animo masyarakat untuk mendaftar sedangkan proyek Google+ masih dalah tahap uji-coba.

Beberapa media besar lokal maupun luar mengembar-gemborkan bahwa Google+ telah dibuka untuk umum, padahal itu hanyalah sekedar pemikat agar banyak pengunjung yang masuk ke halaman mereka, trik lama…

Para pengamat dunia internet dan jejaring sosial menyatakan bahwa jejaring sosial GooglePlus akan menjadi saingan berat untuk Facebook, sebagian lain menyatakan lebih ektreem, Google+ akan melindas Facebook!

Berikut ini fitur-fitur andalan yang tersedia di Google+

Circles (lingkaran). Fitur ini digunakan untuk memasukkan dan mengklasifikasi nama-nama teman Anda ke dalam grup dan pengguna bisa berbagi konten dengan format berbeda di dalam “lingkaran” pertemanan ini.

Hangouts (nongkrong). Fitur ini merupakan layanan conference lebih dari dua orang dengan video call andalan Google pada fitur Gmail.com.

Huddle (pesan). Fitur satu ini menyediakan grup-grup pada Google+ untuk saling mengirim pesan instan.

Sparks (tandai). Fitur ini menghubungkan individu dalam jaringan ini kepada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu hal.

Hmmm… siap-siap migrasi facebook ke GooglePLUS kayaknya nih… soon!

 

WordPress 3.2 Telah Hadir, Tips dan Trik PraUpdate

Posted: 04 Jul 2011 10:13 PM PDT

Pagi ini membuka email dapat announcement dari WPMU.org. Announcement itu adalah hadirnya wordpress 3.2 Gershwin dan sedikit tips-trik sebelum melakukan update. WordPress 3.2 hadir atas kerja keras WDC (WordPress development community). Banyak fitur baru yang cukup menarik termasuk diantaranya themes default yang baru.

Namun sebelum Anda sangat antusias dan mengklik tombol UPDATE pada dashboard blog WP Anda ada baiknya pastikan untuk membaca terlebih dahulu tips-trik sehingga Anda cukup yakin dan benar-benar siap untuk mengupdate blog WP Anda.

1. Point PENTING, Periksa Versi PHP dan MySQL.
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengupdate ke WordPress 3.2 adalah pastikan bahwa versi Anda PHP dan MySQL Anda saat ini mendukung untuk wordpress versi terbaru. Caranya? Gunakan Health Check Plugin.

2. WordPress 3.2 Tidak Support untuk IE6 dan Browser OOD (Out of Date)
Bagian dari pengembangan wordpress 3.2 adalah tidak ada lagi dukungan untuk IE6 dan browser tua lainnya yang ketinggalan zaman. Sadis nih wordpress! Sekilas memang kelihatan sadis tapi hal ini untuk kebaikan komunitas dan pengguna internet juga. Karena browser seperti IE6 dan yang OOD tersebut sudah tidak aman untuk digunakan, untuk itulah adanya keberadaan kampanye BrowseHappy.

3. Dashboard terlihat sedikit berbeda!
Salah satu perubahan yang paling jelas dalam versi WordPress adalah facelift (tampilan) pada dashboard.

4. Beberapa Multisite Mengalami Perubahan Juga.
Seiring dengan perubahan pada dashboard, perubahan admin untuk WPMU (multisite) yang telah diimplementasikan pada WP 3.0 juga mengalami perubahan mendasar. Namun jika Anda mengelola WPMU dan masih ingin menjaga tampilan dashboard admin yang kurang lebih sama seperti sediakala, Anda bisa menggunakan plugin Network Switch Button.

5. TIPS Sebelum Mengupdate.
Kita tahu kadang-kadang tombol Automatic Update tidak selancar yang kita bayangkan dan harapkan. Kadang timbul masalah yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Untuk itu pastikan untuk mengikuti step-by-step panduan update secara manual dan memperbaiki masalah umum yang kadang terjadi ketika kita mengupdate wordpress ke versi terbaru. Panduannya bisa dibaca disini.

Pengingat saja, semua plugin yang bersumber dari wordpress.org dan plugin lainnya telah dicek bahkan double-triple cek dan hasilnya cukup kompatibel (cocok) NAMUN demikian WPMU pun tidak menjamin bahwa semua plugin yang ada akan kompatibel dengan wordpress versi terbaru ini.

Selamat mengupdate!

0 comments: